Penggunaan Komputer dan Internet Dalam Pembelajaran

10 07 2008

Peralatan berbasis teknologi informasi yang dikenal dan dapat digunakan dalam pembelajaran antara lain: email,  penugasan dengan sarana web, permainan komputer, sistem pengelola pembelajaran(learning management systems), daftar surat-menyurat(mailing list), papan bulletin(bulletin boards) dan multi media.

 

1.   Email

Pada saat ini, penggunaan email merupakan cara komunikasi yang inovatif dengan peserta didik.   Cara penggunaannya dapat dilakukan secara dialog orang-per-orang(one-on-one dialogs) pokok bahasan tertentu dan sebagian besar email untuk penugasan.    Penggunaan lain dari email, yaitu “just-in-time-teaching) dapat digambarkan berikut ini.   Berdasarkan apa yang terjadi di kelas, email digunakan untuk mengirim penugasan kepada peserta didik untuk pertemuan berikutnya.   Jika penjelasan di kelas kurang jelas pada hal-hal tertentu bagi beberapa atau sebagian besar peserta didik, tugas tambahan dapat diberikan pada pertemuan berikutnya.   Sebaliknya, apabila materi yang diajarkan dapat dimengerti, pertanyaan melalui email dapat difokuskan pada topik baru untuk pertemuan berikutnya.   Walaupun sederhana, just-in-time email menggambarkan bagaimana teknologi dapat digunakan lebih dari pada subsitusi pada cara tradisional komunikasi.

 

2.    Penugasan Web (Web Assignments)

Pengguna dari World Wide Web terbiasa dengan informasi yang berlebih dan kemudahan dalam menemukan materi.    Di lingkungan pendidikan dan pelatihan sering instruktur memberikan penugasan melalui web, seperti permintaan kepada peserta didik untuk singgah di situs web (website) tertentu dan menjelaskan informasi apa yang didapatkan dalam pembelajaran kelas.   Melalui web memberikan peluang kepada instruktur menjelaskan sumber materi pembelajaran aktual kedalam kelas.   Walaupun beberapa peserta didik sudah terbiasa dengan pencarian informasi pada web, sebagian lagi masih membutuhkan bantuan untuk dapat bekerja secara lebih efektif dan produktif.   Meteri pembelajaran bagaimana cara menggunakan web dan bagaimana menuju ke sumber daya internet yang lengkap tersedia secara on-line, bagian tertentu disediakan bagi peserta didik dan bagian lain untuk instruktur. 

 

3.    Permainan Komputer dan Simulasi

Penggunaan permainan komputer sangat populer digunakan dalam pembelajaran dinamis.  Permainan untuk pembelajaran yang disimulasikan di kelas atau secara on-line banyak tersedia dalam bentuk digital.   Beberapa pembelajaran permainan komputer dan simulasi ini sudah mulai dicoba penggunaannya dalam pendidikan militer dalam mensimulasikan latihan perang, atau latihan kesiapan satuan tempur.

 

4.   Perangkat Lunak Pengelola Pembelajaran.

Untuk mempermudah dalam membuat berbagai macam materi pembelajaran dalam web dikemangkan perangkat lunak pengelola pembelajaran yang menyediakan berbagai fasilitas untuk pengisian materi, pencatatan data, penilaian, dan pembuatan laporan.    Dengan perangkat ini, instruktur mendapatkan kemudaan dalam penggunaan dan dapat diintegrasikan dengan perangkat lunak pembelajaran yang lain.   Dokumen yang ditulis dalam Word, PowerPoint, Excell dan sebagainya, dapat dengan mudah di upload dalam pembelajaran on-line yang dapat diakses oleh peserta didik.

 

5.    Pengajaran menggunakan Blog

Blog (blok web) merupakan barang baru di dunia internet.    Blog merupakan kelanjutkan dari home page yang bersifat statis.  Dalam blog, intruktur dapat menyatakan pandangan, pengalaman, pengamatan, pendapatnya.  Dalam kasus ini blog dapat menjadi sebuah jurnal publik, yang memungkinkan pembaca untuk menyampaikan komentar, yang dapat menjadikan blog sebagai tempat debat publik.  Blog dapat digunakan untuk berbagai tujuan: (1)  Digunakan oleh peserta didik untuk memelihara blog mereka;  (2)   Instruktur menggunakan blog untuk melaksakan diskusi topik tertentu yang memerlukan komentar peserta didik;  (3) Digunakan oleh peserta didik untuk membaca dan memberi komentar materi pembelajaran.

 

6.   Variasi dari eLearning

Beberapa cara yang paling umum program eLearning diterapkan meliputi:

 

·         Ruang kelas maya(virtual classroom).    Model ruang kelas maya dari eLearning secara terus menerus menjadi sangat populer seiring dengan pengembangan program eLearning.  Tujuan dari ruang kelas maya adalah untuk memperbesar struktur dan pelayanan yang menyertai program pendidikan formal dari kampus atau pusat pembelajaran ke peserta belajar/pembelajar, dimana mereka berada.  Ruang kelas maya adalah untuk pembelajar yang mungkin mengambil program pendidikan jarak jauh yang terhimpun keseluruhan dari pengajaran on-line, dan mungkin termasuk kuliah berbasis kampus, dimana peserta didik bergabung dalam bebagai tempat diluar atau di dalam lokasi kampus, dalam kelas nyata melalui internet.  Pada model ruang kelas maya dilengkapi tempat untuk pengiriman naskah, untuk kaji ulang dn komentar, dan untuk penyelesaian tutorial dan pendistribusian tugas.  Dalam perangkat lunak Adobe, peralatan yang umum digunakan untuk mengembangkan ruang kelas maya meliputi: Adobe Acrobat 8, Adobe Acrobat Connect Professional, Adobe Presenter 6, dan Adobe Captive 2.

 

·         Pembelajaran on-line (on-line learning).  Model eLearning ini berkisar pada perangkat pembelajaran terikat yang dikirimkan melalui Internet kepada pembelajar yang berlokasi di berbagai tempat dimana interaksi utama antara pembelajar dan mereka yang sudah berpengalaman melalui teknologi jaringan komputer.  Sistem pengelolaan pembelajaran(learning management systems) bertindak sebagai basis pelayanan pengembangan program on-line dimana proses pembelajaran secara keseluruhan dilaksanakan melalui mediasi tatap muka digital.   Peralatan Adobe yang umum dipakai adalah  Flash Profesional, Dreamweaver, Photoshop CS, Illustrator CS, Adobe Premiere Pro, Adobe Contribute dan Adobe Captative 2.

 

·         Pembelajaran Cepat (Rapid eLearning).   Ini merupakan respon langsung terhadap produk-produk eLearning yang membuat pembelajar dan non-SME berkontribusi dan memasukkan isi pembelajaran multi media kedalam sebuah basis pengetahuan.   Pembelajaran cepat menggunakan peralatan seperti Adobe Captive 2 dan Adobe Presenter 6 untuk mempercepat waktu dalam membuat isi pembelajaran Flash atau elemen multi media portofolio yang dapat digabungkan secara aman kedalam sebuah dokumen Adobe PDF.

 

·         Pembelajaran Mobil (Mobile Learning).    Mobile learning dikembangkan karena ketersediaan jaringan dan peralatan digital portabel seperti komputer laptop, PDA, MP3 player, dan telepon mobil.   Pembelajaran mobil memberikan peluang untuk menghubungkan pengalaman pembelajaran informal dengan pengalaman pembelajaran formal seperti yang terjadi pada model ruang kelas maya atau implementasi pembelajaran on-line.   Peralatan multimedia yang digunakan seperti Flash Profesional, Flash Media Server, dan Flash Lite.

About these ads

Aksi

Information

9 tanggapan

20 07 2008
erkoritsumeikan

Selamat Malam Kolonel Prapto,

Tulisan bapak mengingatkan kepada saya pentingnya teknologi komputer dan internet untuk siswa-siswa saya dalam pembelajaran di kelas bahasa Inggris. Kalau kita bisa mengetrapkan teknologi tersebut dengan baik dan benar serta ditunjang oleh siswa yang mau maju dan belajar maka akan sukseslah usaha PBM kita.
Terima kasih atas informasinya Kolonel.

Best Regards,

erko

21 07 2008
praptonasdor

Terima kasih mas Erko, kita dapat saling bertukar pengalaman untuk memperlancar tugas kita di bidang pendidikan

13 08 2008
AA Arman

Apa kabar pak?

Penggunaan Internet dan teknologi Web sekarang telah bergeser semakin luas, yaitu menjadi media KOLABORASI. Kolaborasi dapat terjadi di lingkungan pendidikan, lingkungan bisnis, bahkan para pihak independen sekalipun yang tidak saling mengenal sebelumnya, seperti BLOG ini.

Silakan baca Web 2.0 di http://en.wikipedia.org/wiki/Web_2.0

Salam hangat dari Kampus Ganesha,
Arry Akhmad Arman

14 08 2008
praptonasdor

Terima kasih pak, Arry. Saya tidak ketemu dengan bapak mpada hari Rabu sore saat bapak mampir ke Badiklat Dephan, dan terima kasih atas kesediaan bapak sebagai pembicara dalam Forum Komunikasi Diklat yang rencana akan diselenggarakan awal Nopember 2008.

14 08 2008
Tri yuliani

Assalamualaikum wr.wb.

Terima kasih bapak informasinya tentang IT
kami di set Badiklat sudah mulai untuk memanfaatkan IT yang ada, tapi ketika kami mau memanfaatkan waktu yg luang untuk belajar sesuatu yg baru internet tidak dapat diakses, begitu juga ketika kami akan mengirim file ke kantor Pondok Labu kami belum bisa memanfaatkan secara maksimal.

23 08 2008
zaenal

sebuah pencerahan,
pertanyaan : bagaimana penerapannya dalam pengajaran bahasa?

25 08 2008
praptonasdor

Terima kasih mas zaenal, Dengan teknologi informasi yang dapat mengakomodasi kebutuhan pembelajaran bahasa, khususnya fasilitas video, audio. Siswa dapat mendengar, menjawab dan melaksanakan praktik bicara melalui fasilitas multi media. Para WI atau pendidik dapat mengembangkan metode pembelajaran dengan mengoptimalkan penggunaan sarana it yang ada.

25 08 2008
praptonasdor

Untuk mbak Tri, perlu diketahui pengguna internet di Badiklat Salemba terus meningkat, sedangkan lebar kanal masih 512 kbps. Kedepan direncanakan diperbesar min 1 Mbps. Saat ini, cari waktu yang tepat untuk mengirim data.

27 12 2009
bagong

tank berat ge gae tugas je. tlah membantu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: